Jumat, 20 September 2013

Macam-Macam Sistem Pemerintahan di Dunia

Sistem pemerintahan adalah suatu sistem yang tersusun dan dimiliki oleh suatu negara dalam mengatur pemerintahannya. Tiap negara tentu memiliki sistem pemerintahan untuk mengatur negara tersebut. Namun, antara satu negara dengan negara lain tidak selalu memiliki sistem pemerintahan yang sama. Sistem pemerintahan Indonesia misalnya, yang menganut sistem pemerintahan presidensiil. Total ada beberapa cabang sistem pemerintahan yang banyak dianut oleh negara-negara di dunia.


Macam-Macam Sistem Pemerintahan di Dunia



Berikut macam-macam sistem pemerintahan yang ada di dunia :


1. Sistem Pemerintahan Presidensial

Sistem presidensial merupakan sistem pemerintahan negara republik yang mana kekuasaan eksekutif dipilih melalui pemilihan umum dan dibedakan dengan kekuasaan legislatif. Sistem presidensial juga disebut dengan sistem kongresional. Dalam sistem ini, posisi presiden cenderung lebih kuat dan tidak dapat dikudeta kecuali jika presiden melakukan tindakan pelanggaran konstitusi atau tindakan kriminal lainnya. 

Negara yang menganut sistem presidensial : Indonesia, Amerika Serikat, Filipina



2. Sistem Pemerintahan Parlementer

Sistem parlementer adalah sistem pemerintahan di mana pihak parlemen berperan aktif dalam pemerintahan, yang nyata dibuktikan dengan wewenang parlemen untuk mengangkat dan memberhentikan perdana menteri. Selain itu, dalam sistem pemerintahan parlementer juga dapat memiliki seorang presiden dan perdana menteri yang bertugas mengatur jalannya pemerintahan itu sendiri.

Negara yang menganut sistem parlementer : Inggris, Jepang, Malaysia, Belanda



3. Sistem Pemerintahan Semi-Presidensial

Sistem semi-presidensial adalah sistem pemerintahan yang menggabungkan dua sistem pemerintahan, yaitu presidensial dan parlementer. Sistem semi-presidensial memberlakukan sistem rakyat yang memilih presiden sehingga presiden memiliki kekuasaan yang kuat bersama dengan perdana menteri yang ada. Sistem pemerintahan semi-presidensial juga disebut Dual Eksekutif atau Eksekutif Ganda. Meski pun Indonesia yang memiliki sistem pemerintahan presidensial juga dipengaruhi oleh sistem parlementer, namun Indonesia tidak dapat dikategorikan sebagai negara dengan sistem pemerintahan semi-presidensial, karena secara resmi sistem pemerintahan Indonesia adalah sistem presidensial.

Negara yang menganut sistem semi-presidensial : Prancis



4. Sistem Pemerintahan Komunis

Komunisme sebenarnya merupakan suatu ideologi. Namun pada perkembangannya, ada beberapa negara yang menggunakan komunis sebagai suatu sistem pemerintahan dalam negara tersebut. Sistem komunis juga sangat anti-liberalisme dan menentang kepemilikan akumulasi modal pada suatu individu tertentu. Sistem komunis sendiri juga mengharuskan segala alat produksi dikuasai oleh negara dengan tujuan untuk kemakmuran rakyat.

Negara yang menganut sistem komunis : Korea Utara, Kuba, Vietnam


Itulah info singkat mengenai jenis dan macam sistem pemerintahan dunia yang banyak dianut oleh negara-negara di seluruh dunia. Semoga bermanfaat.

7 komentar: